BUDAYAKAN NYONTEK?

Friday, May 27, 2011

Nyontek.
Bukan hal yang asing lagi di telinga kita, right?
Ya, jujur ja. Aku sendiri akrab sekali dengan yang namanya nyontek
Tapi bukan berarti aku ndukung ato malah ngelarang nyontek.

Gini ceritanya..

Berstatus pelajar, mulai dari zaman azali sampe zaman di masa depan, nyontek akan selalu hangat berada di antara kita para pelajar.
WOW! Bukannya salut, tapi boong banget kalo ada yang bilang seumur hidupnya nggak pernah nyontek.
Karna setiap orang didunia ini pasti punya saat-saat dimana ada situasi 'mepet'.
Entah sengaja, nggak sengaja, terpaksa, ato nggak terpaksa.

Buktinya!
Temen paling pinter di skolahku aja ngakuin kok kalo dia juga pernah nyontek
Ya walaupun mungkin nyonteknya cuman lirik-lirik dan dikit

Sekali lagi, bukannya aku mendukung nyontek
Tapi kadang nyontek buat aku itu ibaratkan saat kita berusaha menyelamatkan diri saat tenggelam di laut
Seperti halnya nyontek
Ketika kita dihadapkan dengan pilihan yang berat seperti waktu ujian sedangkan kita udah bener-bener buntu bingung ga tau jawabannya, padahal kita harus bisa jawab dengan benar buat dapetin nilai,
dengan terpaksa kita harus menyelamatkan nasib nilai kita dengan nyontek, walaupun itu bukan hasil kita sendiri dan jawaban temen belum tentu bener. Karna pikir kita kan yang penting nilai bagus, proses nggak dinilai.

Salah satu guruku bilang "Jangan nyontek! Kalo dulu saya kan waktu sekolah gurunya nggak ada yg ngingetin jadi pada nyontek. kalo sekarang kan sudah ada yg mengingatkan, jadi jangan nyontek!"
HAHAHA
Menurutku agak nggak mungkin dulu nggak ada yang ngingetin.
Pasti setiap guru dari zaman dulu sampe zaman nanti ngingetin lah kalo jangan nyontek karna itu sama aja tidak jujur blablabla. Pasti. Apalagi setauku zaman dulu gurunya justru lebih killer killer daripada guru zaman sekarang.

Kita tau, dampak dari nyontek itu emang buruk.
Disamping dosa, itu akan membawa kita kejalan yang berliku karna nyontek sama saja dengan nggak jujur dan membiasakan kita untuk nggak nyelesein masalah sendiri.
Tapi ya begini ini kita, pelajar.
Sulit buat menjauhkannya.
Karna kita nggak sempurna.
Kalo nggak nyontek bukan pelajar namanya. Haha
Tapi jangan terlalu sering nyontek. Cobalah buat menyelesaikan sendiri
Karna bagaimanapun juga hasil mencontek dan hasil kerja keras sendiri jauh harganya walaupun keseringan dan kebanyakan dari kita nggak peduli. Yang penting nilainya bagus. Jujur, aku juga gitu kok.
Meskipun nilai 30 tapi hasil sendiri, jauh lebih puas dibandingkan nilai 100 tapi hasilnya orang.
Apa yang mau dibanggain?

Sekali lagi bukannya aku ndukung nyontek, tapi aku juga nggak ngelarang. Karna menurutku kalo nyontek masih dalam batas wajar karna keterpaksaan sih nggak papa haha

Karna aku yakin,
Kemampuan kita bakal jauh lebih oke kalo kita bisa percaya dan yakin pada diri kita sendiri dan kita tau bagaimana cara mengasah kemampuan kita.

You Might Also Like

2 comments

  1. Good posting!
    Aku suka pendapat kamu. ^_^
    Tetep semangat, & "jangan nyontek!" hehe...

    Salam kenal, dari si Marmut Narsis.

    ReplyDelete