Jangan Cepet-Cepet Lulus Kuliah!

Sunday, July 12, 2015

Ternyata UAS sudah berakhir dan akhirnya bisa tidur malem juga. Mungkin agak berlebihan sih kalo bilang kita sampe ga tidur sama sekali gara-gara heboh nugas dan ngerjain hal-hal lain yang tentu padat. Nggak segitunya juga, sebenernya. Kita masih bisa tidur kok, meski baru bisa dimulai diatas pukul 00.00 dan bangun pagi. Well, sebenernya nggak pagi sih. Di semester 6 ini, karena aku emang sengaja ambil mata kuliah nggak terlalu banyak, akhirnya waktu ke kampus jadi berkurang. Ditambah lagi jadwal kuliah semuanya siang, nggak ada yang pagi. Sama sekali. Paling pagi pun jam 10. Jadi meski tidur dini hari-menjelang pagi, bangunnya masih bisa agak siang sih. Semester 6 ini, meski aku cuma ambil kuliah gak sebanyak semester-semester sebelumnya, tetep kerasa agak berat. Entah karena beban tugas, atau beban yang lain (oh no, ternyata aku udah 3 tahun kuliah!).

Berakhirnya UAS ternyata menandakan berakhirnya semester 6 ku juga. Apalagi setelah uas terakhir, temen-temen pada berlomba update status ngucapin bye buat semester 6. Seneng sih, tapi sedih juga. Ternyata waktuku menjadi civitas akademika Ilmu Komunikasi Unair yang sejak tahun 2012, tinggal hitung hari. Eh lebay sih, nggak hitung hari juga. Hitung bulan/tahun deh. Idealnya, anak kuliah lulusnya 4 tahun. Jadi, idealnya, aku lulus 2 semester lagi. Atau, kalo Tuhan mengijinkan, bisa jadi lulus cepet sebelum 4 tahun.

Jujur aja, mungkin banyak dari kita, anak kuliah, yang pengen lulus cepet. Apalagi yang merasa umurnya sudah agak... ehem... pasti pengen buru-buru lulus. Bahkan biasanya di semester 3 atau 4, atau bahkan 5, anak kuliah (atau sebut saja aku), udah merasa jenuh kuliah. Meski udah disisipi kegiatan-kegiatan lain misalnya, tetep jenuh. Sehingga, berimbas pada rasa ingin cepet lulus.

Padahal, kalian tau, lulus kuliah cepet itu menyedihkan. Emang sih, bangga bisa lulus lebih cepet dari waktu idealnya, dan untung-untung bisa  cepet dapet kerja, apalagi jodoh #eh. Tapi, apa kalian udah bayangin, hal-hal apa aja yang bakal kalian tinggalin ketika kalian lulus cepet? Here it is, bayanganku tentang hal-hal yang bakal aku tinggalin ketika aku lulus kuliah cepet, bahkan kalo langsung dapet kerja. Sekali lagi, ini hanya bayanganku, yang liar, atau biasa aja ya haha.

So, apa aja hal-hal yang bakal kalian tinggalin kalo kalian lulus kuliah cepet?


Lebih gabut daripada saat kalian masih kuliah
Mungkin banyak dari kita yang mengaku gabut waktu kuliah. Ya soalnya waktu ada kelas, nggak ndengerin, ada tugas nggak ngerjain. Bahkan anak yang rajin pun, pasti pernah mengalami masa-masa gabut. Dimana saat-saat nggak ada tugas, pasti mereka merasa gabut karena nggak ada yang dikerjain hahaha ya kali deh. Nah, yang kuliah aja merasa gabut. Apalagi kalian lulus cepet, semisal belum dapet kerja, kalian bakal merasa gabut karena nggak ada yang dilakuin :( Kalo aku mungkin nggak merasa gabut ya, karena bisa tidur (ok, tidur adalah pekerjaan). Ya, intinya sih gitu. Mungkin aku membayangkan kalo aku lulus cepet dan semisal belum dapet kerja, aku bakal banyak menghabiskan waktuku di kasur, dan... di depan laptop. Meski nggak jelas juga sih di depan laptop itu ngapain #lho.

Merindukan masa-masa bodoh dengan teman kuliah
Jangan pura-pura nggak pernah melakukan hal bodoh deh waktu di kampus. Semua temen kampus itu ternyata potensial buat jadi partner tindak kebodohan, lho, beneran. Bahkan, temen-temenku yang keliatannya diem dan anteng pun, ternyata setelah diajak goblik, ya bisa goblik, nggak nyangka sob :( Nah, kalo kalian udah lulus cepet, kalian akan merindukan masa-masa itu. Temen-temen kalian yang masih ada di kampus, pasti masih bisa melakukan hal bodoh. Tapi kalian, yang udah lulus, dan nggak ada keperluan ke kampus, apalagi mager di rumah, gimana mau melakukan hal bodoh sama temen :( Apalagi kalian masih gabung di grup socmed angkatan. Kalian masih bisa lihat kelakuan temen-temen kalian yang bertindak bodoh. Dan kalian cuma bisa berangan-angan

Merindukan dosen-dosen super ketje beserta tugas-tugasnya
Saat kuliah kadang kita merasa sedih dan miris waktu dikasih tugas yang terasa berat, terlebih kalo tugas-tugas lagi pada numpuk, dan deadlinenya mepet atau berbarengan. Kerasa sedihnya. Nah saat saat itu kita sedikit banyak akan ngomel bahwa dosen kita sedikit kejam dan tega memberi cobaan diatas kemampuan hambanya, eh, mahasiswanya. Tapi kawan ketahuilah, ketika kalian lulus nanti, dan buka grup fesbuk jurusan (dimana biasanya tugas tugas di post disitu), kalian bakal rindu ngerjain tugas dan dikejar deadline. Karena setelah lulus cepet, kalian bakal cuma bisa mantengin grup line angkatan  , dimana temen-temen yang belom lulus pada sambat sekaligus heboh perkara tugas dan deadline. Kalian udah gabisa ngerasain "euforia" dikejar deadline lagi. Kalian juga bakal rindu sama dosen-dosen ketje yang suka ngasih tugas di grup fesbuk, yang sangat tiba-tiba, dan deadlinenya juga tiba-tiba, haha.

Nah, sedangkan yang cepet lulus plus cepet dapet kerja
Mau bolos kudu pikir panjang, nggak kaya jaman kuliah yang tinggal cabut.
Baju terarah (kecuali yang kerja bebas lepas seperti burung), nggak kaya jaman kuliah yang bebas mau sobek kek bodo amat. Mau cabut ditengah-tengah kerja sungkan sama kawan sepekerjaan, beda sama kuliah yang bisa cabut ditengah kuliah, bahkan malah ajak-ajak temen seperkuliahan.

Well, ini hanya sepercik bayanganku saja. Mungkin ada dari kalian yang punya bayangan lain. Atau bahkan udah mengalami masa-masa lulus cepet dan mau konfirmasi tulisan ini, ato mau nambahin beberapa fakta-fakta baru, sangat dipersilakan meninggalkan komentar di kolom komentar yang ada. Sekali lagi, tulisan ini jelas sangat subjektif dan neges, sehingga dilarang menghina kenegesanku karna aku udah mengakuinya. Jd nggak perlu dihujat lagi :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Nah itu. Usia udah nganu. Dan udah ada yg nunggu. Uhuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ((usia udah nganu)) loh yaa wkwk enaknya rek udah ada yg nunggu <3 <3 <3

      Delete