Remember this

Saturday, April 17, 2010

Tiba-tiba teringat sama kejadinan ini

Tanggal 15 November 2008, temenku Oni nginep di rumahku. Dia mau ikut nemenin aku ke ITS. Ngapain? Jadi gini, aku nggak sengaja terdampar di suatu kompetisi yang berhubungan dengan programming computer.
Flash Back. Tanggal berapa gitu bulan Oktober, aku iseng-iseng buka google dengan keyword ”KOMPETISI DAN UANG”. Lah kok pertama kali yang muncul malah webnya kampus yang ngadain nih kompetisi. Aku iseng liat-liat. Eh, ada Schematics (Ngga usah Tanya apa itu. Buka aja di webnya. Males njelasin) Di Schematics itu ada beberapa macem lomba. Dan ngga tau kenapa, hati nuraniku (ceileh) memilih untuk ikut NPC aja. Tanpa baca persyaratan dan ketentuannya, aku langsung aja daftar dengan pedenya. Tanggal 26 Oktober kalo ngga salah, babak penyisihan secara online dimulai. Dan aku udah termasuk dalam 82 peserta asli. Ini bener-bener ketololanku. Aku nggak ngerti apa-apa tentang Programming apalagi bahasa Pascal/C, eh tiba-tiba disuguhin soal-soal macem gituan. Dengan modal nekat, aku menjawab 30 soal itu secara ngawur. Ada sih yang ngga ngawur. Tapi kebanyakan ngawur. Aku pasrah aja dah. (Sumpee waktu itu aku bener-bener nggak tau Pascal itu apa)
Sehari kemudian, aku buka webnya Schematics di Free Internetnya Primagama pas aku les. Aku buka ‘Hasil ScoreBoard’ nya. Namaku di urutan ke 26 yang masuk babak Final. What the hell bisa-bisanya aku pede banget ikutan lomba beginian yang ternyata diperuntukkan buat anak-anak SMA aja. Aku saat itu masih pede-pede aja dengan ‘ke-nggak ngertianku tentang Pascal/C’. Ya karna emang babak Finalnya masih lama waktu itu. Seminggu sebelum final, aku mulai bingung. Jelas aja lah, aku nggak ngerti apa-apa tentang itu. Aku langsung tanya ke guru computer sekolahku.

Aku : Ustdzh, dulu kuliah dimana?
Guruku : DI ITS. Kenapa?
Aku : Ooo, jurusan apa?
Guruku : Elektro.
Aku : Yaaaaaaaaah!
Guruku : Emang kenapa?
Aku : Emmmm, gini lho………….

Aku ceritain ye. Dan wajah guruku tuh bener-bener sumringah. Akhirnya, mulai saat itu, tiap mau pulang sekolah khusus hari Rabu Kamis kayaknya, semauku deh, aku latian di lab komp. Tapi ya gitu, gimana ya… Mudeng sih mudeng, cuman aku males banget ngapal2in ini itu. Pasrah adalah jalan terbaik menurutku. Tanggal 15 November, aku buka webnya lagi. Di situ tertera:

Membawa Alat Tulis
Dress Code : Seragam Sekolah


HAH? Seragam? Hello? Males banget kali pake seragam hari Minggu?!
Besoknya adalah hari dimana aku musti bertanding (Yuck sok banget). Memprogram langsung gitu. Aku, Della, Oni, ama Mbakku berangkat ke its. Sampe sana, hujan deres banget. Semua pada nggak mau keluar. Kita teriak-teriak di mobil. Akhirnya dengan sangat terpaksa karna waktunya udah mepet banget, aku turun duluan. Sampe dalem, aku langsung daftar ulang dan aku digiring sama panitianya menuju ke suatu ruangan untuk pembukaan. Pertama kali masuk ruangan, aku dag-dig-dug banget. Secara ya, udah aku dateng cewe sendiri, ngga punya temen, satu-satunya seragam putih-biru tua pula. Akhirnya aku duduk di belakang anak dari SMA Smart apa gitu. Udah sejam aku duduk maen hape. Akhirnya, sebelahku ada yang nempatin. Ngajak ngomong nggak jelas.

Masnya : Dari SMA mana mbak?
Aku : (mbatin) jelas2 pake seragam SMP mas!
Masnya : -nunggu jawaban-
Aku : -nunjukin tulisan di lengan kanan seragam-
Masnya : Oooo.. kota mana?
Aku : Surabaya!

Kayaknya tuh mas berharap aku nanya darimana dia berasal. Tapi apa daya, aku lagi males ngomong. Akhirnya pembukaan selesai. Kita digiring lagi ke lab computer di lantai 3. Aku bareng sama anak SMA yang juga ngga punya temen gitu. Akhirnya kita juga dianter sama panitianya. Pas perjalanan menuju lab komp, mas panitianya tuh noleh-noleh. Ceritanya, aku tuh jalannya sengaja lambat gitu. Masnya noleh n’ bilang,

Mas Panitia : Masih SMP ya?
Aku : (cengar cengir) hehehe, iya mas.
Mas Panitia : Hebat. Pinter ya kalo gitu?
Aku : (dalem ati-semprul ngenyek)

Masuk ke dalem itu kalo ngga salah jam 9. Padahal kita berangkat dari rumah jam 6! Gilak ya! Ternyata jam 9 itu kita belom lomba, baru ‘pemanasan’. Yaudah, kita buka halaman soal. Aku rada ngga mudeng gitu. Hahahha. Sebelahku ngetiknya cepet banget n’ pake bahasa C++. Aku pake bahasa Pascal. Jambret jelas aja ngga bisa nyontek! Dan begonya, aku lupa nge-submit jawabanku, eh bukan lupa sih, lebih tepatnya ’nggak tau cara submitnya’. Jadinya aku ngga dapet nilai. Akhirnya lomba yang beneran, dimulai jam 11. Aku mulai mantengin 5 soal yang…. Sumpah! Aku pengen nangis! Aku bener-bener ngga mudeng! Akhirnya, aku ngerjain 5 soal itu secara ngawur dan langsung aku submit. Eh, nilainya 0. Hahahahaha. Karna aku suntuk, aku gambar-gambar di paint. Bosen, aku sok-sok buka Windows Movie Maker. Bosen lagi, aku coba buka game. Ya ampun, gamenya lucu-lucu. Banyak banget. Seru-seru. Aku maen game tuh dari jam 12 sampe jam 2. Nah lo, panitianya ndatengin! Langsung deh aku tutup. Aku sok-sok ngerjain. Pas dia pergi, aku maen lagi. Dia dateng, aku tutup. Fatalnya, dia malah duduk di sampingku. Yaaaah, apadaya, karna ngga memungkinkan untuk maen game, mataku jadi 5 watt. Aku udah merem-melek. Akhirnya aku ketiduran dan nggak sadarkan diri. (yaeyalah) Pas aku bangun, mbak-mbak panitianya kok udah ada di belakangku ya? Aku langsung pura-pura ngerjain. Haahahhahaha. Pas mereka pergi, aku lanjutin lagi men gamenya. Eh, mas panitianya dateng. Yaelaaaaaaaaaaah! Langsung dah aku tutup gamenya. Begonya, aku ngga nutup program Pascalnya. Jadilah terjadi tragedy yang ngga enak banget! Kan layarnya item gitu ya, muka ku otomatis natap ke layar. Nah, mas panitianya tuh juga ngeliatin layarku. Jadilah kita bertatapan via layar laptop. Jayus banget ah! Untung aja udah jam setengah 3. Jadilah kita dikasih waktu istirahat 30 menit. Sebentar banget! Ternyata oh ternyata, Della sama Oni tuh malah foto-foto. Dasar! Begonya, mereka foto tuh numpang bbackground di mobil-mobil orang gitu. Sampe mereka diliatin sama dosennya. Dikira pembobol mobil gitu. Alay deh! Aku juga ikut foto-foto. Hahaha. Udah jam 3. Balik lagi ke atas bareng sama Della, Oni, n’ Mbak Kis. Inget! Tempat lombanya tuh di lantai 3. Naik tangga, naik tangga terus. Gue sampe lupa yang mana lante 2 yang mana lante 3. Gue bilang, “Eh, kurang satu tangga lagi! Ayo naik!” Mbak Kis yang ngga percaya gitu aja bilang, “Lho, yang ini lantai 3.”
Langsung deh, salah satu panitia yang kebetulan juga baru naik tangga, ndatengin sambil ketawa-ketawa.

Mas Panitia : Hhaahahahahaa. Yang ini dek tempat lombanya.
Aku : Oh, iya ya? Hehehehe. Maaf mas lupa.

Tapi aku juga nggak buruan ngikutin masnya. Aku malah ngobrol ama Oni. Alhasil, aku mbuat masnya teriak.

Mas Panitia : Dek, ayo dek! Udah masuk lho.
Aku : (lari) Oh iya iya.
Mas Panitia : Masih SMP ya?
Aku : Hehehehehe. Iya mas (nada nggak enak, soalnya bosen ditanya ini lagi)
Mas Panitia : Wah, canggih. Pinter dong ya? (sumringah) Dilanjutin yaa..
Aku : Biasa aja (mikir, ‘apa yang dilanjutin?’)

Pas aku masuk, ternyata bener, telat. Semua lagi memperhatikan pembicara yang lagi mbahas soal-soal tadi. Dan pas lagi bagi-bagi doorprize, Mas Panitianya bilang, “Siapa ya yang udah pesen tiket pesawat jam setengah 6?”
“Saya!”, anak dari Jakarta angkat tangan.
“Lho? Kenapa pesen jam segitu?”
“Ya kan di web nya tulisannya selese jam 4.”

Aku langsung liat jam. Udah jam 4. Mas Panitianya ngagetindengan bilang, “Ooo, padahal acaranya masih lama. Gini dek, pengumuman pemenang NPCnya setelah NLCnya selese ya. Sekarang NLCnya baru dimulai di ruangan 105. Yang mau liat ya silahkan. Terima kasih.”

Jangkrek Akhirnya aku turun, ngambil sertifikat duluan dengan alasan mau check up ke dokter. (Sorry lho mas-mas mbak-mbak haha) Yaaah, habis itu aku langssung pulang deh. Ternyata mak ku mbawain bekal bakso gitu. Hahahahahaa. Thanks a lot lho! Oiya waktu aku lagi pusing-pusingnya berkompetisi (halah bahasanya), Della ama Oni tuh diikutin,diliatin sama anak situ. Laki-laki, eh, cowo ding. Seinget ku ya rambutnya keriting. Iya keriting. Bener keriting. Dia jaga di stan jual pin gitu. Lah kan Della ama Oni keluar, ternyata Mas Keriting ato sebut aja MK, lagi ada di parkiran. Kan ada anak SMA mau keluar gitu, lah dia bawa mobil sendiri. Trus MK minta STNKnya. Dikasih. Pas MK mau ngebalikin STNK, STNKnya diambil n’ MK dikasih uang 1000. Tampangnya tukang parkir gitu ya emang? Sorry lho hehe

You Might Also Like

0 comments