Middle November with PaintTool SAI (Line Art Tutorial)

Saturday, November 16, 2013

Aku sempet cuti nulis blog selama hampir sebulan yaaaa? Gara-gara UTS nih! Hehehe. Sebenernya nggak juga sih. Nggak tau kenapa belakangan ini kaya banyak banget yang harus dilakuin, entah yang penting dan nggak penting haha. Dan kini tiba-tiba udah pertengahan November aja. It means, sebentar lagi pergantian tahun. WOW! Tapi sepertinya belum waktunya untuk ngomongin resolusi yaaaa. Jadi aku bakal cerita kegiatanku belakangan ini.


Yup, belakangan ini yang sebenernya aku harusnya sibuk something, tapi malah menyibukkan diri dengan kengangguran yang lumayan produktif. Yakni, aku lagi kegatelan sama SAI. Lengkapnya sih PaintTool SAI. Aku tahu ini pertama kali dari sodara sepupu yang hobinya bikin manga dan kartun-kartun Jepang gitu. Aku kira itu aplikasi cuma buat gambar-gambar kaya gituan, sedangkan aku sama sekali nggak tertarik dengan manga dan berbau jepang jepang. Jadilah aku nggak terlalu peduli sama software itu. Tiba-tiba suatu saat yang lalu lalu lalu, aku kepikiran dan pengen coba bikin lineart pake SAI. Biasanya, aku bikin vector portrait pake photoshop (well, harusnya pake corel atau illustrator sih haha). Nah, belakangan aku jadi sibuk nge-SAI. Reviewnya dan how do I make the line art? Cekidot! (Btw ini hasil karyaku tadi sore loh waktu buntu karena sekarang hari Sabtu #lho).

Ini dia tampilan awal PaintTool SAI.


Aku mau buat line artnya bang Justin Bieber yaa! Kita buka dulu fotonya. TARAAAAA!





 Nah sekarang kita bikin layer baru. Layernya yang kedua itu yaaa! Kalo pake yg kesatu itu, nanti tool buat tracingnya nggak keluar. Yeah, setelah bikin layer baru, kita cari deh toolnya buat tracing yaitu Curve.





Setelah ditracing, tara hasilnya seperti ini!




Sekian dan terima kasih!


You Might Also Like

1 comments

  1. abz baca ini aku jadi kepo sama tu aplikasi, tapi aku bingung bangetttt beee sama magic wind nya, abiz di click, terus di warnai, masi ok, nah pas pindah dari layer ke linework kok magic wind nya gak bisa ilang ya... gimana itu cara ngilanginnya?
    tengso

    ReplyDelete