Sertifikasi Kompetensi Berbasis SKKNI Bidang Komunikasi

Monday, August 15, 2016

Well beberapa hari yang lalu aku bersama temen-temen lulusan Komunikasi Unair ikutan Sertifikasi Kompetensi Bidang Komunikasi yang diselenggarakan sama Kominfo featuring beberapa pihak gitu. Lembaga yang ditunjuk buat melakukan sertifikasi adalah LSP TIK.

Sejujurnya, beberapa pekan sebelum tau dan paham tentang acara ini, dosen pembimbing skripsiku dulu sempet menawarkan buat ikutan sertifikasi ini karna kuotanya terbatas. Cuma aku belum tertarik karna masih padat kerjaan.

Suatu ketika H-1 acara berlangsung, salah satu kawan jarkom di grup angkatan tentang acara ini. Katanya kuota masih bisa dimasuki beberapa orang aja. Setelah menimbang dan memikirkan sepanjang malam #busetlebay karena acara ini akan dilangsungkan selama 4 hari dan wajib bermalam, akhirnya aku memutuskan buat ikutan acara ini. Fyi, acara ini dilangsungkan di Hotel Ibis Basuki Rahmat Surabaya.

Singkat cerita, aku baru dateng di hari kedua karna beberapa hal. Jadi di hari pertama yang mana adalah acara pembuka, aku nggak ikutan. Hari kedua waktu aku dateng, langsung ujian praktek. Fyi (lagi), Sertifikasi Kompetensi Berbasis SKKNI Bidang Keahlian Komunikasi ini dibagi lagi jadi beberapa cluster: grafika komunikasi, junior multimedia, video editing dan digital imaging.

Sejatinya aku sempet galau karna bingung mau ambil cluster yang mana. Aku kira, bidang komunikasi yang dimaksud yaa komunikasi teoritis, ternyata praktek. Untungnya, ada satu cluster yang emang aku suka. Alhasil aku ambil cluster grafika komunikasi.

Grafika komunikasi ini bukan lain adalah komunikasi visual/desain plus all about percetakan. Untungnya aku juga sering bolak balik percetakan, jadi sedikit banyak tau tentang percetakan.

Hari kedua itu aku langsung ujian praktek membuat karya visual. Hari ketiga, baru diuji oleh assessor mengenai karya visual yang udah kita buat di hari sebelumnya, plus diuji pengetahuan tentang bidang/cluster yang kita ambil. Setelah melewati ujian ujian itu, finally dan alhamdulillahnya aku dinyatakan kompeten dan berhak mengantongi Sertifikat Kompetensi. Yayness!!

Beberapa hari tinggal bareng dan bertemu banyak orang dari berbagai universitas dari Surabaya maupun luar Surabaya, itu asik banget! Malam terakhir mungkin bisa dibilang jadi malam yang paling berkesan. Menghabiskan waktu bareng-bareng di resto sambil karaokean (LOL). Dilanjut main kartu sampe larut malem. Bener-bener menyenangkan. Thanks anyway buat semua yang udah bikin acara menegangkan jadi menyenangkan :)

Bonus foto nih!





You Might Also Like

0 comments